Voltaren Emulgel Salep Pereda Nyeri Yang Ampuh




Nyeri sendi dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi aktivitas berlebihan seperti aktivitas fisik yang berat, kurangnya digerakkan, keseleo, atau nyeri.
Salah satu cara meredakannya yaitu dengan menggunakan Salep Voltaren Emulgel Diclofenac Sodium.

Komposisi

  • 1 g voltaren emulgel mengandung 11,6 mg zat aktif Diklofenak Dietilamin yang setara dengan 10 mg diclofenac sodium. 

INDIKASI TERAPEUTIK
  • Peradangan akibat trauma pada Tendon,Ligamenta,Otot,dan Sendi,misalnya yang di sebabkan oleh terkilir,keseleo,dan memar
  • Bentuk bentuk rematik jaringan-lunak setempat seperti Tendovaginitas,Bursitis,Sindrom bahu-tangan dan Periatropati
  • Penyakit penyakit rematik lokal seperti Osteoartrosis sendi -sendi di perifer  dan Osteoartritis Kolumnavertebralis.

DOSIS DAN CARA PEMBERIAN

  • Orang  Dewasa

Oleskan krim pada area yang sakit  3 atau 4 kali sehari  dengan gosokan yang lembut,
contoh: 2-4 gram  Voltaren Emulgel (jumlah yang kira kira setara dengan sebutir buah ceri atau walnut),cukup untuk mengobati daerah seluas 400-800 cm^ ,jangka waktu pengobatan tergantung dari indikasi dan respon yang diperoleh ,dianjurkan untuk menilai -ulang pengobatan setelah 2 minggu.

  • Kanak kanak

Tidak dianjurkan



KONTRAINDIKASI


  • Bila diketahui terdapat Hipersensentivitas terhadap Diklofenak,Propilen Glikol, Isopropil alkohol atau zat tambahan lainnya. Voltaren Emulgel juga dikontraidikasikan pada pasien dengan serangan asma ,Urtikaria atau Rinitis yang dicetuskan oleh asam Asetilsalisilat atau obat -obat anti-imflamasi  non-steroid lainnya ,selama kehamilan trimester ketiga (lihat bagia kehamilan dan menyusui)



PERINGATAN KHUSUS DAN TINDAKAN PENCEGAHAN UNTUK PENGGUNAAN OBAT


  • Peringatan
Kemungkinan kejadian efek samping sistemik dengan Diklofenak Topikal lebih kecil,dibandingkan dengan frekuensi  efek samping pada pasien yang menggunakan Diklofenak Oral. walaupun  demikian,jika Voltaren Emulgel digunakan pada kulit yang relatif luas untuk jangka lama ,kemungkinan efek samping  sistemik tidak dapat disingkirkan. Voltaren Emulgel mengandung Propilen Glikol,yang mungkin dapat menyebabkan iritasi kulit lokal yang ringan pada beberapa orang.



TINDAKAN PENCEGAHAN

Voltaren Emulgel sebaiknya hanyalah diusapkan pada permukaan kulit yang sehat dan utuh (yaitu yang tanpa luka atau cedera), tidak boleh kontak dengan mata atau dengan membran mukosa.
Voltaren Emulgel dapat digunakan dengan perban no-oklusi  tetapi sebaiknya tidak digunakan bersama dengan bahan oklusi kedap udara,untuk mencegah toksisitas tambahan, janganlah memberikannya bersamaan dengan sedian oral ,Voltaren juga tidak boleh ditelan,


KEHAMILAN DAN MENYUSUI
  • Kehamilan

Tidak ada data yang mencakup perihal penggunaan Diklofenak pada wanita hamil.Voltaren Emulgel sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan, Diklofenak dikontrindikasikan pada kehamilan trimester ketiga,karena terdapat kemungkinan  inersia uteri  dan atau penutupan dini Duktus Arteriosus.
  • Menyusui

Tidak dianjurkan pada orang yang lagi meyusui,jika terdapat alasan kuat untuk menggunakan Voltaren Emulgel ,sebaiknya ia tidak di oleskan pada payudara atau pada daerah kulit yang luas atau tidak digunakan pada jangka waktu yang lama.


EFEK EFEK YANG TIDAK DIINGINKAN
  • Sangat lazim
  • Lazim
  • Tidak lazim
  • Jarang
  • Amat jarang
  • Termasuk laporan laporan yang sangat jarang


OVERDOSIS

Absorpsi Sistemik Diklofenak Topikal yang rendah membuat kejadian overdosis amatlah tidak lazim,
walaupun demikian efek efek yang tidak di kehendaki,yang sama dengan gejala gejala yang timbul setelah overdosis tablet Voltaren,dapat saja terjadi bila Voltaren Emulgel tidak sengaja tertelan .

Tindakan tindakan  suportif  umum dan pengobatan simtomatik  haruslah dilakukan ,seperti kasus kasus intoksikasi dengan obat obat anti imflamasi  non steroid lainnya,dekomentaminasi lambung dan penggunaan karbon aktif sebaiknya dipertimbangkan ,terutama segera setelah waktu penelanan obat.


KELOMPOK FARMAKODINAMIK

  • Produk produk topikal untuk nyeri sendi dan otot ,sediaan anti-imflamasi non steoroid untuk penggunaan  secara topikal (kode ATC MO2A A15)



MEKANISME KERJA

Diklofenak,zat aktif dan Voltaren Emulgel adalah AINS dengan sifat sifat anti rematik ,anti Imflamasi,Analgetik,dan Antiperetik yang diperkuat. Hambatan Biosintesis Prostaglandin oleh Diklofenak telah ditunjukan secara eksperimental dan ini merupakan bagian yang penting dalam mekanisme kerjanya.


EFEK EFEK FARMAKOKINETIK

Pada inflimasi atau nyeri yang berasal dari trauma atau rematik ,voltaren emulgel telah terbukti meredakan nyeri,mengurangi edema ,dan memperpendek waktu untuk kembalinya ke fungsi normal.



SIFAT SIFAT FAMAKOKINETIK
  • Absorpsi

Jumlah Diklofenak yang diabsorpsi melalui kulit sebanding dengan  waktu kontak dan luas daerah yang ditutupi oleh Voltaren Emulgel,dan tergantung dari dosis topikal total yang digunakan dan status hidrasi kulit ,jumlah absorpsi sampai sekitar 6% dari dosis Diklofenak setelah penggunaan topikal 2,5 g Voltaren Emulgel per 500 cm kulit ,ditentukan oleh data rujukan terhadap eliminasi total melalui ginjal dibandingkan dengan tablet Voltaren. Penutupan kulit lebih dari 10 jam meningkatkan jumlah diklofenak yang diabsorpsi sebesar tiga kali lipat.

  • Disrtibusi

Setelah penggunaan Topikal Voltaren Emulgel pada sendi tangan dan lutut ,diklofenak dapat diukur didalam plasma ,jaringan sinovial dan cairan sinovial.konsentrasi maksimal diklofenak  dalam plasma setelah penggunaan topikal  Voltaren Emulgel  adalah sekitar 100 kali lebih  rendah dibandingkan konsentrasinya setelah pemberial oral voltaren tablet ,99,7%,diklofenak terkait dengan protrin serum,terutama dengan albumin (99,4%)
  • Biotransformasi

Biotransformasi diklofenak sebagian melibatkan glukoronidasi dari molekul yang intak,namun terutama melalui hidroksilasi  tunggal dan multipel  yang menghasilkan beberapa metabolik fenol yang kemudian sebagian besar akan diubah  menjadi konjugat konjugat  glukorinda. dua dari metabolit metabolit  fenol ini, sebagian besar diubah menjadi konjugat konjugat glukoronoda yang aktif secara biologis,namun aktifitasnya masih jauh lebioh kecil dibandingkan dengan diklofenak

  • Eliminasi

Bersihan sistemik total diklofenak dari plasma adalah 263+- 56 ml/menit . waktu paruh plasma akhir adalah 1 sampai 2 jam . empat dari metabolotnya ,termasuk dua metabolik yang aktif,juga memiliki waktu paruh plasma yang singkat,yaitu 1 sampai 3 jam ,satu metabolit,3'-hidroksi- 4'-metoksi-diklofenak,memiliki paruh plasma yang lebih panjang,namun ia sudah tidak aktif . diklofenak dan metabolit metabolitnya  terutama diekskresikan melalui urin.


KARAKTERISTIK PADA PASIEN

Tidak ada penumpukan diklofenak atau metabolit metabolitnya pada pasien pasien yang menderita gangguan fungsi ginjal. kinetim dan metabolisme diklofenak  pada pasien dengan hepatitis kronik atau sirosis tidak terdekompensasi,sama dengan kinetik dan metabolisme diklofenak pada pasien tanpa penyakit hati


DATA KEAMANAN PRA KLINIK

Data pra klinik dari studi studi toksisita saktif dari toksisitas dengan dosis berulang ,seperti juga dari studi studi genotoksisitas ,mutagenisitas dan karsinogenesitas  dengan diklofenak menunjukan tidak ada bahaya  spesifik bagi manusia pada dosis terapeutik  yang dikehendaki . tidak ada bukti bahwa diklofenak memiliki potensi teratogenetik  pada mencit,tikus atau kelinci. diklofenak tidak berpengaruh pada kesuburan  dari orang tua tikus . 

Perkembangan pra natal,perinatal,dan pasca natal dari keturunan tikus tikus tersebut tidaklah terpengaruh.Voltaren Emulgel ditoleransi dengan baik dalam sejumlah studi yang bervariasi .tidak ada potensi fotoksisitas dan voltaren emulgel tidaklah menyebabkan sensitisasi kulit.


KEKHUSUSAN FARMASEUTIKAL

  • Daftar kandungan obat

Dietilamin,Polimer asam akrilik,Cotomacrogol 1000, Asam lemak caprylic/capric, Eter alkohol, Isopropil alkohol, Parafin cair, Parfum, Propilen Glikol,air.


PENYIMPANAN

  • Janganlah menyimpan obat di atas suhu 25 derajat c
  • Jauhkan obat dari jangkauan kanak kanak



KEMASAN

  1. Tube 5g,  No.Reg.: DTL1624504328A1
  2. Tube 10g No.Reg.: DTL1624504328A1
  3. Tube 20g,No.Reg.: DTL1624504328A1
  4. Tube 50g,No.Reg.: DTL1624504328A1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Mudah dan Simple Cara Mengoperasikan E-Learning Unpam Bagi Mahasiswa

10 Cara Membuat Sambal Yang Menggoda Selera Makan Kamu Jadi Lahap